Mengenai Saya

Mau Tau ?? Kt'A c AQ tU org'a bAe ati, suka mNoloNG org, RAjIN menaBuNG, n' tdk smboNG.. UpZz,, ehehe" naRsIs..

Senin, 17 Mei 2010

BMS InkType


Inktype adalah sebuah BMS (Blog Management System) yang merupakan content opensource Codeigniter PHP framework yang memberikan kemudahan kepada para pengguna dalam megelola dan mengadakan perubahan isi sebuah situs dinamis. Penulisan program pada Inktype dengan menggunakan model-view-controller (MVC). MVC memisahkan antara logika pembuatan kode dengan pembuatan template atau tampilan situs. Penggunaan MVC membuat pembuatan sebuah situs menjadi lebih terstruktur dan lebih sederhana. Secara sederhana konsep MVC terdiri dari tiga bagian yaitu bagian Model, bagian View dan bagian Controller. Didalam situs dinamis setidaknya terdiri dari 3 hal yang paling pokok, yaitu basis data, logika aplikasi dan cara menampilkan halaman situs. 3 hal tersebut direpresentasikan dengan MVC yaitu model untuk basis data, view untuk cara menampilkan halaman situs dan controller untuk logika aplikasi.

1) Model

Merepresentasikan struktur data dari situs yang bisa berupa basis data maupun data lain, misalnya dalam bentuk file teks atau file xml. Biasanya didalam model akan berisi class dan fungsi untuk mengambil, melakukan update dan menghapus data situs karena sebuah situs biasanya menggunakan basis data dalam menyimpan data maka bagian Model biasanya akan berhubungan dengan perintah-perintah query SQL. Model bisa dibilang khusus digunakan untuk melakukan koneksi ke basis data oleh karena itu logika-logika pemrograman yang berada didalam model juga harus yang berhubungan dengan basis data. Misalnya saja pemilihan kondisi tetapi untuk memilih melakukan query yang mana.

2) View

Merupakan informasi yang ditampilkan kepada pengunjung situs. Sebisa mungkin didalam View tidak berisi logika-logika kode tetapi hanya berisi variabel-variabel yang berisi data yang siap ditampilkan. View bisa dibilang adalah halaman situs yang dibuat menggunakan HTML dengan bantuan CSS atau JavaScript. Didalam view jangan pernah ada kode untuk melakukan koneksi ke basis data. View hanya dikhususkan untuk menampilkan data-data hasil dari model dan controller.

3) Controller

Merupakan penghubung antara Model dan View. Didalam Controller inilah terdapat class dan fungsi-fungsi yang memproses permintaan dari View kedalam struktur data didalam Model. Controller juga tidak boleh berisi kode untuk mengakses basis data. Tugas controller adalah menyediakan berbagai variabel yang akan ditampilkan di view, memanggil model untuk melakukan akses ke basis data, menyediakan penanganan error, mengerjakan proses logika dari aplikasi serta melakukan validasi atau cek terhadap input.

Namun fungsi yang tersedia pada inktype masih belum cukup banyak, sehingga hanya dapat digunakan dalam pembuatan situs yang hanya mempublikasikan informasi content, mengatur posting blog dan statis halaman web.


Aplikasi Pendukung inktype

1. PHP dengan Objek Oriented Programming (OOP)

Personal Home Page (PHP) dibuat pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdroft, PHP adalah bahasa pemrograman script sederhana yang digunakan untuk pemrosesan HTML form di dalam halaman web. Seiring dengan perkembangan internet yang ditandai dengan maraknya dotcom dan e-Commerce, aplikasi web juga berkembang menjadi semakin kompleks sampai berkembang menjadi PHP5 dimana didalamnya mengandung konsep objek oriented.

2. PHPMyAdmin

MySQL yang pada dasarnya ialah sebuah aplikasi undershell artinya untuk mengkonfigurasi MySQL diperlukan perintah-perintah tertentu. Perintah- perintah inilah yang kadang membuat pemakai merasa kesulitan karena harus menghafal baris perintah yang panjang. Kesulitan ini kemudian mendorong munculnya sebuah aplikasi berbasis web yang ditulis dalam bahasa PHP yang fungsi utamanya melakukan administrasi MySQL.

3. Server Apache

PHP bersifat Server Side Programming dimana perintah-perintah program dijalankan di web server untuk selanjutnya ditampilkan pada web browser.


Konsep Pengelolaan Inktype

1) Front End merupakan situs yang sesungguhnya, karena tampilan windows front dapat dilihat oleh publik (Pengunjung situs). Bagian Front end yaitu :

a. Header yaitu tempat meletakkan logo, gambar, animasi, dan lain sebagainya, dimana header dapat selalu muncul pada setiap halaman situs.

b. Top Menu merupakan deretan menu yang diletakkan pada bagian paling atas situs, biasanya terdiri dari halaman utama, kontak kami, berita, dan link.

c. Search This Site, berfungsi untuk memungkinkan pengunjung melakukan pencarian berdasarkan kata kunci. Dengan memasukkan kata kunci pada kolom search dan menekan tombol enter, maka inktype akan menampilkan semua artikel yang berhubungan dengan kata kunci yang dimasukkan.

d. Menu Utama merupakan menu utama yang selalu muncul di setiap halaman situs.

e. Login form berfungsi sebagai media login untuk user yang terdaftar di dalam database inktype yaitu dengan memsukkan username dan password.

f. Content yaitu tempat melakukan berita atau artikel situs.

g. Footer merupakan bagian yang selalu muncul di bagian bawah setiap halaman situs. Biasanya diisi dengan alamat, copyright, alamat email.

2) Back End merupakan bagian situs yang khusus diperuntukkan bagi para admin untuk mengatur situsnya seprti memasukkan artikel, merubah setting situs, menambahkan fungsi baru ke dalam situs dan lain sebagainnya. Front end dan back end mempunyai alamat url-nya masing-masing. Halaman Back End yang terdapat pada inktype, terdiri dari :

a. Menu “Dashboard”

Menu ini merupakan pusat dari segala pengaturan-pengaturan yang dilakukan admin untuk memodifikasi situs inktype.

b. Menu “Write”

Menu ini merupakan salah satu komponen yang paling utama, biasa disebut dengan isi dari sebuah situs yang dikelola, bisa berupa dokumen, gambar dan sebagainya. Aktifitas utamannya merubah, menyalin, memindahkan dan menghapus isi dari top menu seperti home, contact us, news, link.

c. Menu “Manage”

Menu ini merupakan satu elemen penting yang dimiliki inktype yang berfungsi untuk mengatur semua isi dan tampilan yang terdapat pada situs tersebut, dengan fungsi-fungsi khususnya yang telah ada pada back end inktype seperti posts, pages, categories, comment, blogroll, dan user.

d. Menu “Presentation”

Menu ini merupakan menu untuk template. Terdapat install template yang berfungsi untuk menginstall template yang diinginkan. Template pada inktype adalah suatu file yang ditulis dalam bahasa php dengan objek oriented programming yang diperlukan untuk menampilkan tampilan seperti latar belakang, warna table, jenis huruf, besar kecilnya huruf dan sebagainya sesuai dengan keinginan desainernya.

e. Menu “Settings”

Berfungsi untuk mengatur system dari situs seperti title blog, description blog, user, komentar, dan lain sebagainya, dimana terdiri dari beberapa sub menu yaitu site setting, visitor stats, download stats dan login stats. Sub menu ini mempunyai fungsinya masing-masing.

f. Menu “Log out”

Menu ini berfungsi untuk keluar dari tampilan back end.


Template

Template inktype adalah sebuah aplikasi inktype yang ditulis dalam bahasa php dengan objek oriented programming yang berfungsi untuk mengatur tampilan situs inktype secara keseluruan seperti mambots editor, mos image, dan lain sebagainya.







Sumber :

http://.../inktype-opensource-jalan-pintas-belajar-framwork-codeigniter/

http://sulaiman.web.ugm.ac.id/upload/mitm/CodeIgniter.ppt


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut