Mengenai Saya

Mau Tau ?? Kt'A c AQ tU org'a bAe ati, suka mNoloNG org, RAjIN menaBuNG, n' tdk smboNG.. UpZz,, ehehe" naRsIs..

Kamis, 13 Mei 2010

ETIKA DAN PROFESIONALISME

Ayoo..!!! kita sama-sama bahas tentang Etika dan Profesionalisme yuk….


Nah, pada tau ga kenapa sih Etika dan Profesionalisme dibutuhkan ???


Alasannya adalah masyarakat harus dilindungi dari kerugian yang ditimbulkan karena ketidakmampuan teknis dan perilaku yang tidak etis, dari mereka yang menganggap dirinya sebagai tenaga profesional dalam bidang tersebut.


Untuk Pengertian Etika ???


Etika adalah Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahamai oleh pikiran manusia, dimana bertujuan Untuk mendapatkan konsep yang sama mengenai penilaian baik dan buruk bagi semua manusia dalam ruang dan waktu tertentu. Sering kali pelanggaran Etika terjadi di lingkungan masyarakat, hal ini dapat dipengaruhi karena factor-faktor kebutuhan Individu mereka seperti Korupsi karena alasan ekonomi, Tidak ada pedoman, perilaku dan kebiasaan individu, serta Pengaruh lingkungan.


Sanksi bagi masyarakat yang melanggaran Etika berupa:

1. Sanksi Sosial Skala relative kecil dan dapat dipahami sebagai kesalahan yang dapat “dimaafkan”.

2. Sanksi Hukum Skala cukup besar, yang dapat merugikan pihak lain. Hukum pidana menempati hukum prioritas utama diikuti oleh hukum perdata.


Sedangkan …….


Untuk pengertian Profesionalisme ???


Profesi merupakan kata dasar dari profesionalisme, dimana yang merupakan kelompok lapangan kerja yang khusus melaksanakan kegiatan yang memerlukan keterampilan dan keahlian tinggi untuk memenuhi kebutuhan yang rumit dari manusia, dimana pemakaian dengan cara yang benar, keterampilan dan keahlian yang tinggi hanya dapat dicapai dengan penguasaan pengetahuan serta adanya disiplin etika yang dikembangkan dan diterapkan oleh kelompok anggota yang menyandang profesi tersebut sedangkan Profesionalisme itu sendiri merupakan pelaksanaan tugas dan kewajiban untuk memenuhi kebutuhan yang rumit dari klien, yang mencakup pengambilan keputusan dengan kemungkinan akibat yang luas bagi masyarakat.


Etika profesi ???

Merupakan penggunaan bakuan dari evaluasi moral terhadap masalah penting dalam kehidupan professional.


ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI

Masalah etika juga mendapat perhatian dalam pengembangan dan pemakaian sistem informasi. Masalah ini diidentifikasi oleh Richard Mason pada tahun 1986 (Zwass, 1998) yang mencakup privasi, akurasi, property, dan akses.

1. Privasi

Privasi menyangkut hak individu untuk mempertahankan informasi pribadi dari pengaksesan oleh orang lain yang memang tidak diberi ijin untuk melakukannya.

2. Akurasi

Akurasi terhadap informasi merupakan factor yang harus dipenuhi oleh sebuah sistem informasi. Ketidakakurasian informasi dapat menimbulkan hal yang mengganggu, merugikan, dam bahkan membahayakan.

3. Properti

Perlindungan terhadap hak property yang sedang digalakkan saat ini yaitu dikenal dengan sebutan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). Kekayaan Intelektual diatur melalui 3 mekanisme yaitu hak cipta (copyright), paten, dan rahasia perdagangan (trade secret).

a. Hak Cipta

Hak cipta adalah hak yang dijamin oleh kekuatan hokum yang melarang penduplikasian kekayaan intelektual tanpa seijin pemegangnya. Hak cipta biasa diberikan kepada pencipta buku, artikel, rancangan, ilustrasi, foto, film, musik, perangkat lunak, dan bahkan kepingan semi konduktor. Hak seperti ini mudah didapatkan dan diberikan kepada pemegangnya selama masih hidup penciptanya ditambah 70 tahun.

b. Paten

Paten merupakan bentuk perlindungan terhadap kekayaan intelektual yang paling sulit didapat karena hanya akan diberikan pada penemuan-penemuan inovatif dan sangat berguna. Hukum paten memberikan perlindungan selama 20 tahun.

c. Rahasia Perdagangan

Hukum rahasia perdagangan melindungi kekayaan intelektual melalui lisensi atau kontrak. Pada lisensi perangkat lunak, seseorang yang menandatangani kontrak menyetujui untuk tidak menyalin perangkat lunak tersebut untuk diserhakan pada orang lain atau dijual.

4. Akses

Fokus dari masalah akses adalah pada penyediaan akses untuk semua kalangan. Teknologi informasi malah tidak menjadi halangan dalam melakukan pengaksesan terhadap informasi bagi kelompok orang tertentu, tetapi justru untuk mendukung pengaksesan untuk semua pihak.



Sumber :

http://.../Etika+dan+Profesionalisme.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut